Kenali! Apa itu Fiber Reinforced Concrete?

Akhir-akhir ini, proses konstruksi bangunan telah banyak menggunakan bahan material fiber reinforced concrete. Namun Apakah anda pernah mengetahui apa yang dimaksud dengan fiber reinforced concrete? Apa saja penerapannya?

Fiber reinforced concrete adalah material beton yang didalamnya terdapat tulangan yang berasal dari bahan baku kaca. Produk ini menggunakan serat beton untuk material atau bahan utama pada fasad bangunan eksterior. Penggunaan pada produk ini banyak diaplikasikan pada arsitektur pagar panel beton precast atau pracetak. Disamping itu, fiber reinforced concrete juga diyakini  memiliki material yang baik saat proses pembuatan bentuk beberapa bangunan sehingga lebih terkesan estetis atau indah. Apa sajakah kelebihan yang anda dapatkan apabila menggunakan fiber reinforced concrete jika dibandingkan dengan material-material yang menggunakan komposisi berbeda.

Berikut ini adalah sebuah kesimpulan menarik mengapa produk fiber reinforced concrete perlu Anda terapkan pada konstruksi anda.

Komposisi Fiber Reinforced Concrete

Fiber reinforced concrete ini memiliki definisi yaitu sebuah material beton yang sudah ditingkatkan kekuatannya dengan cara menanamkan serat gelas berbahan komposit pada bagian dalamnya. Tentu saja syarat ini memiliki tingkat kekuatan yang lumayan tinggi, sebab serat yang digunakan telah tertanam pada suatu matriks. Pada saat proses produksi berjalan, serat dibentuk dalam metode yang tetap memelihara identitas fisik kimia yang dapat memproduksi kombinasi beberapa sifat dengan satu dari sekian komponen masing-masing saja.

Material yang digunakan sebagai pembawa beban pokok untuk sementara yaitu area yang dijalankan agar bertindak sebagai media transfer pada komponen fiber reinforced concrete. Inilah yang menyebabkan produk fiber reinforced concrete memiliki beragam keunggulan apabila dibandingkan dengan jenis beton lain. Bukan sebuah hal yang mengherankan jika pihak-pihak kontraktor mulai berpindah memanfaatkan produk fiber reinforced concrete hingga reinforce concrete daripada jenis-jenis beton lain yang masih dianggap biasa.


Manfaat dan Kegunaan Fiber Reinforced Concrete

Perpaduan serat kaca yang telah tersusun dari agregat halus, semen, air, campuran kimia, campuran fiberglass yang mampu bertahan terhadap alkali merupakan material batuan yang terbentuk pada fiber reinforced concrete. Disamping itu, produk ini juga bisa dihasilkan dari aneka kebutuhan ornamen atau kubah yang dirancang berlubang. Fiber reinforced concrete memiliki ciri khas atau karakteristik tersendiri, diantaranya adalah memiliki tingkat daya tahan yang baik dan berkekuatan tinggi. Meski demikian bobot pada fiber reinforced concrete cenderung ringan karena ukuran yang diproduksi memang fleksibel.

Fiber reinforced concrete dapat digunakan berdasarkan tingkat kebutuhan tertentu, mulai dari untuk kebutuhan bangunan rupa desain arsitektur kontemporer. Ada pula beragam fiber reinforced concrete yang banyak digunakan untuk material alternatif pada renovasi kembali bangunan sehingga hasil yang didapatkan menjadi lebih indah. Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang bisa anda dapatkan kelebihan menggunakan fiber reinforced concrete.

1. Bangunan
Berupa atap fiber reinforced concrete, jendela dan dinding fiber reinforced concrete, renovasi, pondasi, dan bangunan modular.

2. Bidang arsitektur
Cetakan fiber reinforced concrete, landscape fiber reinforced concrete, cladding DRG, dan krawangan fiber reinforced concrete

3. Engineering
Permanen akustik, jembatan, utilitas, bekisting, terowongan, dan drainase air.

Dampak Fiber (Bahan Serat) untuk Peningkatan Kekuatan Beton

Meskipun beton dikenal sebagai salah satu material yang kuat dalam proses pembentukan, namun faktor kerusakan masih saja berpotensi terjadi. Khususnya apabila beton tidak memiliki daya lentur dan ketahanan yang mempunyai terhadap faktor cuaca. Oleh karena itu, jadi dengan menggunakan atau mengaplikasikan berbahan serat ini merupakan solusi terbaik untuk permasalahan tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara memberikan campuran pada adukan beton. Berikut ini terdapat sekumpulan metode yang bisa anda terapkan guna memilih perabotan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipasang sebagaimana mestinya.

  • Sesuaikan dengan volume yang dimiliki serat
  • Diameter yang dimiliki serat pun memadai
  • Ukuran panjang serat bisa memenuhi keperluan konstruksi
  • Serat yang dapat digunakan untuk mengikat campuran beton dengan baik antara satu dengan yang lain
  • Serat yang digunakan harus bersifat lumayan elastis dan kaku

Kegunaan Serat Pada Beton

Apabila anda menerapkan fitur atau syarat sebagai bahan campuran pada beton maka anda akan mendapatkan tingkat kekuatan yang signifikan, begitu juga dengan jumlah defleksi yang semakin berkurang. Merupakan struktur yang dimiliki pada beton, maka tidak akan mudah terjadi kerusakan atau resiko jatuh secara tiba-tiba. Di bawah ini adalah beberapa keunggulan dari produk beton yang didalamnya terdapat campuran serat atau fiber, yaitu:

  • Dapat meningkatkan kemampuan beton dalam penyerapan energi
  • Resiko terjadinya kerusakan atau keretakan pada ketan dapat dikurangi makan tidak ada sama sekali
  • Dapat menekan jumlah proses terjadinya respirasi
  • Struktur beton menjadi lebih lentur namun tetap kuat
  • Material beton terkesan kaku
  • Kualitas beton semakin bertambah karena kebal terhadap tarikan, tekanan dan hal-hal lainnya yang dapat merusak beton.

Demikian ulasan terkait fiber reinforced concrete yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat memperkaya wawasan Anda terhadap produk-produk beton yang kini marak dijual. Jika anda tertarik untuk memesan produk fiber reinforced concrete pada kami. Silakan hubungi melalui nomor-nomor customer service yang kami sertakan Dalam situs ini.

Kami juga menyediakan beragam produk-produk beton pracetak atau precast lain guna memenuhi proses konstruksi yang sedang Anda bangun. Mulai dari car stopper, box culvert, pipa beton, pagar panel, sheet pile, kanstin, tiang listrik, yang panjang dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan produk-produk yang kami hasilkan menggunakan mutu beton kualitas K350. Sehingga Anda tidak perlu merasa cemas atau khawatir apabila konstruksi yang sedang Anda bangun dihadapkan pada perubahan cuaca yang berganti-ganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *